BSE

Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan media belajar berbasis digital yang kelola oleh Kementrian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan para penerbit dan penulis. Program ini dibangun khusus untuk memudahkan guru dan siswa untuk mendapatkan bahan/ materi ajar yang murah. BSE tersedia dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dan bisa di download melalui situs http://bse.kemdiknas.go.id/ atau dari situs lain yang menyediakanya, seperti blog ini. Hanya sayangnya, jika download melalui situs bse.kemdiknas.go.id, maka kita tidak bisa download secara utuh per-buku. Tetapi secara partial atau per-bab. Kadang-kadang memang kurang efektif.

BSE telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah dinyatakan layak sebagai buku teks pelajaran berdasarkan Permendiknas No. 46 Tahun 2007 tanggal 5 Desember 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

BSE juga diperbolehkan diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh siapapun. Juga bisa diperbanyak atau dikomersilkan, asalkan harga jualnya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kalau di CD pembelajaran komersil, biasanya BSE disertakan sebagai bonus atau tambahan.

Berikut ini sengaja saya sediakan beberapa BSE koleksi saya yang didapat dari berbagai sumber. Kalau minat download, tinggal klik saja nama pengarangnya, lalu ikuti saja petunjuk berikutnya. Semoga bermanfaat. Amin.

1. Sekolah Dasar (SD)

a. Kelas I

b. Kelas II

c. Kelas III

d. Kelas IV

e. Kelas V

f. Kelas VI

2. Sekolah Menengah Pertama (SMP)

a.  Kelas VII

Bahasa Indonesia : Sarwiji, Atikah, Dewi Indrawati, Indah Tri Priyatni, Dwi Hariningsih, Nia Kurniati, Maryati, Romiyatun. Bahasa Inggris : Artono Wardiman, Joko Priyana. IPA : Anni Winarsih, Teguh S, Wasis, Wasis (edisi 4), IPS : Muh Nurdin, Matematika : A Wagiyo, Dewi Nuharini. PKn : AT Sugeng P,

b. Kelas VIII

Bahasa Indonesia : Asep Yudha, Sarwiji, Dewaki Karmadibrata, Kisyani Laksono, Maryati, Yulianti Setyorini. Bahasa Inggris : Joko Priyatna, Artono Wardiman, Utami Widiati. IPA : Wasis, Rinine Pratiwie, Saeful Karim, . IPS : Sanusi Fattah, Soegiharsono, Sri Sudarmi. Matematika : Dewi Nuharini, Endah Budi Rahaju, Nuniek A. PKn : Dadang Sundawa.

c.  Kelas IX

Bahasa Indonesia : Atikah Anindyarini, Sarwiji, Asep Yudha, Dwi Hariningsih, Joko Priyana, Maryati, Nas Haryati, Atikah, Tri Retno, Yulianti SetyoriniBahasa Inggris : Artono Wardiman, Gunarso Susilohadi, IPA : Dewi Ganawati, Elok Sudibyo, Nur Kuswanti, Sukis Wariyono. IPS : Ratna Sukmayani, Sanusi Fattah, Sutarto. Matematika : R. Sulaiman, PKn : AT Sugeng Priyanto

3. Sekolah Menengah Atas (SMA)

a. Kelas X

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Fisika Kimia Biologi Matematika

b. Kelas XI

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Fisika Kimia Biologi Matematika

c. Kelas XII

Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Fisika Kimia Biologi Matematika

4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

a. Kelas X

b. Kelas XI

c. Kelas XII

Tinggalkan komentar