Karya Tulis

BUKU ILMIAH

1. MENYIBAK MISTERI KEKAL AKHIRAT TINJAUAN ILMU FISIKA
Febri Prasetyo Adi
Yogyakarta : Kreasi Total Media, 2007
275 hlm + xvi ; 15 x 21 cm
ISBN 979-8497-09-0
Cetakan Pertama, November 2007
Kekal akhirat  merupakan misteri Illahi yang sampai sekarang masih menimbulkan banyak pertanyaan. Benarkah akhirat kekal? Bukankah akhirat bersifat ghaib? Bolehkah kita mempelajarinya? Apa maksud Allah SWT memberitakan kondisi akhirat yang bersifat kekal di dalam Al-Qur’an?
Beberapa pertanyaan di atas, setidaknya mewakili bagi mereka yang mencoba merenung tentang alam akhirat. Tempat dimana semua jiwa akan memasukinya, di kemudian hari nanti setelah kiamat menerpa alam semesta.
Setelah mempelajari berbagai literatur, setidaknya penulis merangkum tiga pendapat yang sementara ini “cukup” mewakili untuk menjelaskan makna kekal akhirat, yakni: Akhirat itu kekal; Akhirat tidak kekal; dan Surga kekal, Neraka Tidak Kekal. Tinjauan yang digunakan melalui logika ilmu fisika (Relativitas Einstein) dan logika agama.
 Agar tidak menimbulkan salah paham, sebaiknya penulis sampaikan bahwa ketiga pendapat itu, tak lebih hanyalah sebuah hipotesa yang membantu manusia dalam berlogika tentang sesuatu keadaan yang akan mereka alami. Tentu saja dengan maksud untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Kerena, segala sesuatu akan selalu kembali kepada-Nya.
2. SAINS UNDERCOVER
Febri Prasetyo Adi
Yogyakarta : Gava Media, 2008
204 hlm + xxii ; 15 x 21 cm
ISBN : 978-979-1078-59-7
Cetakan pertama, 2008
Membaca sains ibarat membaca sebuah buku tebal yang tak akan pernah menemukan halaman akhir. Wajah sains, jelas beragam. Maka kita harus rela jika ada saudara kita yang benci dengan sains. Pengalaman rapor merah pada pelajaran sains seringkali memicu kesan buruk terhadap sains. Sains identik dengan perkara rumit, aneh dan menyeramkan. Meski begitu, pada jumlah minim, tak sedikit pula yang menikmatinya. Rasa penasaran selalu membawa kita pada keajaiban-keajaiban sains yang sebenarnya telah lama berada di sekeliling kita. Kita hanya terkejut karena tidak menyadari sebelumnya. Dan anehnya kejutan itu terus saja muncul tanpa sempat kita sadari dari mana datangnya.
Chernobyl, Hiroshima dan global warming mengingatkan pada kita betapa sains bisa mematikan bila disalahgunakan tanpa kemampuan yang cukup dan etika. Beberapa potensi kerusakan lain yang sudah dimulai dan akan segera terjadi juga bukan cerita main-main. Kloning pada manusia menjadi satu dari sekian mainan para ilmuwan yang sebenarnya memiliki misi merusak keseimbangan kehidupan di planet ini. Untuk itu, saya tidak ragu-ragu untuk mengatakan bahwa sains memang memiliki sisi gelap yang juga harus diwaspadai. Sisi gelap itu akan segera tersibak ketika kita memandang sains juga dari sisi kemanusiaan, kelaziman, kebaikan hingga kenormalan. Begitu banyak contoh yang akan diungkap di dalam buku ini. Jadi, SAINS UNDERCOVER memang nyata. Dan pada keadaan ini, sains bukan saja di nilai sebagai sesuatu yang benar atau salah, namun lebih pada baik atau buruk
Iklan

One comment on “Karya Tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s