Pelatihan Kurikulum 2013

Hari ini tampak SMP Negeri 3 Batang yang beralamat di Jl. Ki Mangunsarkoro No. 6 Batang, Jawa Tengah, lain dari hari biasanya. Suasanya lebih ramai, padat dan riuh. Tempat parkiran penuh dengan mobil dan motor yang nampak berjajar rapi. Nampak di halaman depan para anak-anak berseragam merah putih dengan diapit orang tuanya saling berjejal. Sedangkan di bagian halaman dalam, nampak ratusan guru berkumpul. Maklum saja, hari ini Senin, 23 Juni 2014 adalah hari pendaftaran pertama untuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di sekolah ini. Selain itu, sekolah ini juga menjadi lokasi pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru sasaran di Kabupaten Batang untuk jenjang SMP.

IMG_0952

Sebagian para guru tersebut sudah saling mengenal, sehingga nampak sekali mereka saling bercakap dengan akrab. Obrolan mereka semakin menampak suasana hangat di pagi itu. Ada sekitar 140 orang guru SMP untuk mata pelajaran IPA dan Matematika dari berbagai kecamatan di Kabupaten Batang telah berkumpul dan telah siap menjadi peserta pelatihan tersebut. Pelatihan diadakan mulai hari Senin, 23 Juni s.d. Jum’at, 27 Juni 2014.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Seni dan Budaya yang bermarkas di Jl Kaliurang KM 12,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Sedangkan untuk panitia lapangan dipercayakan kepada panitia lokal yang terdiri dari guru di SMP Negeri 3 Batang.

Kegiatan ini berkaitan dalam hal rencana pemerintah yang menghendaki semua sekolah di Indonesia menerapkan Kurikulum 2013 sebagai acuan bagi dalam menjalankan sistem pendidikan di negara ini. Melalui pelatihan ini para guru, terutama guru mapel yang mengajar di kelas 7 dan 8 besok.

Peserta berasal dari berbagai sekolah di wiayah kabupaten Batang. Khusus untuk kelas 8 IPA berikut nama-nama peserta, yaitu : Dian Prasetyo Ebtina (SMP N 2 Tulis), Dwi Jatmiko Nugroho (SMP N 2 Batang), Elfi Sukaeni (SMP N 6 Batang), Eni Wiyati (SMP N 3 Gringsing), Esti Widyarini (SMP N 1 Blado), Giyatno (SMP N 3 Tersono), Ika Wahyu Anggraeni (SMP Muh Tersono), Isdiana (SMP N 3 Batang), Ismiyati (SMP N 1 Warungasem), Joko Asriyanto (SMP N 1 Tersono), Kristiono Pudyo Satoto (SMP N 2 Tersono), M. Abdul Ghopur (SMP N 4 Bandar), Machmud Subarjo (SMP N 3 Kandeman), Pudji Rahayu (SMP N 3 Limpung), Rochi Chayatun (SMP N 1 Gringsing), Soelistyo (SMP N 1 Reban), Sony Trihastuti (SMP N 4 Batang), Sri Hartati (SMP N 1 Kandeman), Sri Hastuti Handayani (SMP N 4 Batang), Sri Rusmiyati (SMP N 3 Subah), Sri Umikarti (SMP N 5 Batang), Sri Wijiati (SMP N 1 Bandar), Sugiarti (SMP N 3 Warungasem), Sugiyono (SMP N 3 Limpung), Sunarso (SMP N 9 Batang), Suprihno (SMP N 2 Limpung), Suwarti (SMP N 2 Warungasem), Syaefudin (SMP N 1 Subah), Tikwo Hardono (SMP N 2 Bandar), Titik Widayati (SMP N 2 Gringsing), Tri Riswakhyuningsih (SMP N 2 Subah), Untung Ristati (SMP N 2 Limpung), Triswati Setiyamurni (SMP N 2 Batang), Waluyo (SMP N 2 Subah) dan Zaenal Muarif (SMP PGRI Gringsing).

Berikut ini catatan ringan tentang kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 kali ini yang dipantau khusus di kelas IPA 8. Instruktur dipercayakan kepada Bapak Adam Malik, S.Pd dari SMP Negeri 2 Kandeman, Batang dan Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I dari SMP N 2 Pulosari, Pemalang.

Hari Pertama (Senin, 23 Juni 2014)

IMG_0933

  • Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pre tes yang menampilkan 40 soal pilihan ganda dengan materi seputar Kurikulum 2013. Pre tes berlangsung selama 60 menit tanpa halangan.
  • Perkenalan singkat dari instruktur.
  • Penjelasan awa untuk memberikan gambaran tentang bentuk pelatihan yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari yang dimulai pada Senin, 23 Juni hingga Jum’at, 27 Juni 2014. Kegiatan juga diselingi pembagian peserta menjadi 9 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 (empat) orang.
  • Penentuan ketua kelas yaitu bapak Abdul Ghofur, S.Pd yang bertugas membantu instruktur dan memimpin pembacaan doa bersama saat mulai dan selesainya pelatihan di setiap harinya.
  • Mendiskusikan secara berkelompok tentang LK.1.1 tentang ANALISIS KURIKULUM 2013 yang meliputi materi rasionalitas dan elemen perubahan yang terdapat di Kurikulum 2013. Selain iu dibahas juga tentang SKL (standar Kelulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) an Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Dan tak lupa juga dibahas tentang pendekatan, penilaian dan model-model pembelajaran pada kurikulum baru ini.
  • Sesi sore dilanjutkan dengan kegiatan ANALISIS BUKU guru dan ANALISIS BUKU siswa.
  • Hari pertama dilalui tanpa kendala dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

 

Hari Kedua (Selasa, 24 Juni 2014)

IMG_0957

  • Sesuai kesepakatan dan tanpa mengurangi durasi pelatihan, kegiatan hari kedua dimulai pukul 07.00 yang sedianya di jadwal dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB.
  • Kegiatan dimulai dengan senam Kurikulum 2013 dengan cara seolah menuliskan kata KURIKULUM 2013 dengan kedua tangan yang direntangkan dan dengan badan.
  • Kegiatan pagi untuk melanjutkan dari apa yang telah dicapai pada hari sebelumnya yakni tentang Analisis Buku Guru dan Buku Siswa.
  • Presentasi dan diskusi diakukan degan cara diwakilkan oleh tiga kelompok.
  • Analisa tentang Perancangan Pembelajaran dan Penilaian dilaksanakan mulai sore hari di hari kedua ini.
  • Sesi hari kedua berakhir pukul 16.30 WIB sesuai dengan kesepakatan semua pihak yang terlibat.

 

Hari Ketiga (Rabu, 25 Juni 2014)

IMG_0946

  • Kegiatan untuk hari ini dimulai dengan Senam Jari dengan cara peserta mengikuti demonstrasi melalui video yang dipandu oleh instruktur Adam Malik, S.Pd
  • Acara dilanjutkan dengan penyusunan perancangan pendekata saintifik, yang meliputi : Mengamati, Menanya, Mencari informasi, Menalar dan Mengkomunikasikan (5M)
  • Penyusunan Pendekatan Saintifik digabungkan dengan penyusunan model-model pembelajaran dimana ada 3 model pembelajaran yang direkomendasikan oleh Kurikulum 2013 yaitu : Model Discovery Learning, Problem Based Learning dan Project Learning,
  • Perancangan Penilaian dan Laporan penilaian pembelajaran.

 

Hari Keempat (Kamis, 26 Juni 2014)

IMG_0965

  • Ice breaking untuk merangsang konsentrasi para peserta dilakukan dengan senam MARINA – MENARI – DI ATAS – MENARA yang dipandu oleh instruktur Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I
  • Presentasi tentang penilaian diwakili oleh Bpk. Kristiono Pudyo Satoto dari KS SMP Negeri 2 Tersono. Apa yang menjadi pendahuluan dari presentasi kali ini cukup menarik dan mengundang gelak tawa peserta. Salah satunya karena membedah profil salah satu peserta yang cukup senior yaitu Ibu Isdiana dari SMP Negeri 3 Batang. Berkat presentasi tersebut maka sang tokoh utama mendapat julukan Guru GENIT yang tak sembuh-sembuh. Namun jangan salah, GENIT yang dimaksud itu adalah Gesit dan tetap Cantik meski usia sudah uzur.
  • Materi tentang penilaian cukup memancing hangatnya diskusi pagi ini. Beberapa pertanyaan di bawah ini adalah hal yang menjadi fokus dalam diskusi tentang penilaian ini adalah :
  1. Apakah penilaian sikap hanya berlangsung di dalam kelas atau bisa diluar kelas? Dan bagaimana kaitannya dengan tugas BK dalam menilai sikap?
  2. Apa maksud dari penilaian OTENTIK?
  3. Bagaimana strategi dan solusi melaksanakan program penilaian selama proses pembelajaran berlangsung?
  4. Bagaimana tampilan dan cara pengisian rapor yang sesuai kurikulum 2013 ini?
  5. Bagaimana agar penilaian sikap bisa seobyektif mungkin?
  6. Bagaimana bentuk rapornya, apa berupa buku atau lembaran?
  7. Bagaimana kaitan penilaian sikap dan ketrampilan dalam sistem kelulusan, terutama kaitannya dengan format dan bentuk Ujian Nasional (UN)?
  • Kehangatan suasana kelas tak lupa karena bumbu (provokasi) dari si guru GENIT ini dan nasi megono yang dibawa oleh peserta untuk instruktur. Terima kasih bu Sony Trihastuti, S.Pd dari SMP Negeri 4 Batang J
  • Kegiatan siang dilanjutkan dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan Peer Teaching.
  • Sesuai kesepakatan dan keterpaksaan, maka peer teaching perdana akan menampilkan salah satu Kepala Sekolah yang karena kepentingan dinas maka tidak bisa mengikuti acara pelatihan sampai usai di hari kelima besok. Dan sukarelawan untuk peer teaching yaitu bapak M. Abdul Ghofur dari SMP Negeri 4 Bandar.
  • Peer teaching berlangsung seru dan menarik. Namun karena waktu yang terbatas, maka hanya dilakukan untuk satu kali model selama 20 menit. Sedangkan refleksi dari penampilan peer teaching akan didiskusikan pada hari kelima besok.

Hari Kelima (Jum’at, 27 Juni 2014)

IMG_0970

  • Hari kelima tidak dimulai dengan ice breaking, namun langsung pada pelaksanaan post tes selama 1 jam dari pukul 07.00 – 08.00,
  • Acara berikutnya berupa peer teaching dengan perwakilan kelompok yang maju,
  • Penampilan peer teaching diawali oleh bapak Dwi Jatmiko Nugroho, S.Pd dari SMP Negeri 2 Batang. Masukan atas penampilan dari pak Dwi Jatmiko diantaranya adalah : Alokasi waktu yang kurang sesuai dengan perencanaan, keterlibatan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar, menfasilitasi dan membimbing peserta didik dalam merangkum materi pelajaran dan pengumpulan hasil kerja sebagai bahan portofolio yang masih kurang. Namun secara umum pelaksanaannya sudah bagus dan baik.
  • Sehubungan dengan kendala waktu yang terbatas maka tidak semua peserta bisa maju untuk menampilkan perencanaan pembelajaran mereka.
  • Acara pada hari kelima ditutup pukul 15.00 WIB yang sekaligus merupakan penutupan rangkaian kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 untuk guru sasaran tingkat SMP di Kabupaten Batang.

IMG_0972

CATATAN :

Berikut ini masukan dan hasil evaluasi baik dari peserta maupun dari instruktur berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ini, diantaranya :

  1. Kegiatan perlu ada tindak lanjut, baik berupa pelatihan sejenis atau pelatihan lanjutan, khususnya untuk guru-guru yang belum mengikuti pelatihan ini karena jumlah peserta yang terbatas,
  2. Waktu pelaksanaan yang kurang tepat karena bersamaan dengan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang juga merupakan kegiatan sekolah,
  3. Informasi kegiatan yang diinformasikan jauh-jauh hari sebelum kegiatan dimulai, sehingga peserta bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik,
  4. Kelengkapan kegiatan pelatihan yang sebaiknya sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara sehingga kegiatan bisa berlangsung lebih lancar,
  5. Semua hasil diskusi, masukan dan kritik dari peserta sebaiknya diteruskan ke pihak terkait sebagai bahan pertimbangan.

DOWNLOAD

Berikut ini materi dan lembar kerja pelatihan : Materi Pelatihan IPA, LK 1.1. Analisis Kurikulum, LK 2.1 Analisis Buku Siswa, LK 2.2 Analisis Buku Guru, LK 3.1a Pendekatan Saintifik, LK 3.1b Pengembanan Model Pembelajaran, LK 3.2 Perancanan Penilaian IPA, LK 3.3 Pelaporan Penilaian, LK 4.1 Analisis Video, LK 4.2 Penyusunan Penelaahan RPP, LK 4.3 Peer Teaching

Perbedaan Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran, Alur Pembuatan RPP, Produk Hukum Kurikulum 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s