Laporan Kegiatan Pembuatan Film Pendek ESPERO

MUKADIMAH

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, kegiatan produksi film pendek “Asa di Bawah Kaki Slamet” telah selesai dilaksanakan tanpa adanya kendala yang berarti.

Perencanaan yang matang, masukan-masukan dan dukungan dari pihak sekolah sangat membantu sekali kelancaran program ini. Secara umum program berhasil dilaksanakan. Tahapan persiapan berjalan tanpa kendala sama sekali. Tahap produksi atau pengambilan gambar (shooting) memang mengalami kendala. Kendala utama terletak pada penguasaan/penggunaan kamera yang cukup memakan waktu. Apalagi karena harus melibatkan siswa secara langsung dalam prosesnya yang konsekuensinya harus melakukan pendampingan secara intens dan penyesuaian anggaran. Namun untuk sebuah kegiatan yang pertama kali dilakukan, mungkin hal ini adalah sesuatu yang biasa. Tahap editing, hingga laporan ini dibuat masih terus berlangsung karena membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat harus menggunakan aplikasi komputer yang diproses secara detail.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas masukan, dorongan, bimbingan dan terutama kesempatan pada KIR SMP N 2 Pulosari untuk melaksanakan program ini. Maaf juga kami sampaikan apabila selama proses produksi sering mengganggu aktivitas dan program pembelajaran. Semoga kegiatan ini bisa memberikan inspirasi bagi pelaksanaan program-program serupa di masa datang.

DASAR PELAKSANAAN

–          Program kerja bidang penelitian ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 2 Pulosari tahun ajaran 2011/2012 untuk semester genap,

–          Hasil kesepatakan pembina KIR dan konsultasi dengan kepala sekolah

 

TUJUAN

–      Media kreativitas anggota KIR SMP N 2 Pulosari dalam bidang sinematografi,

–      Menumbuhkan kebiasaan riset dan penelitian dalam semua bidang, terutama dalam kegiatan-kegiatan ilmiah,

–      Menjadi media dokumentasi atas hasil pengamatan dan pengembangan ide terhadap kondisi diri dan sosial,

–      Media apresiasi anak muda/pelajar pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,

–      Menghadirkan tontonan yang mendidik dan menghibur bagi masyarakat,

–      Media publikasi yang efektif terhadap keadaan dan keberadaan SMP N 2 Pulosari.

PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. 1.      PERSIAPAN

Agar proses produksi berjalan dengan lancar dan terarah, maka melalui tahap persiapan yang matang. Persiapan yang dilakukan berupa :

–       Mempelajari proses pembuatan film pendek melalui film-film pendek yang berhasil memperoleh penghargaan melalui situs youtube.com, filmpelajar.com dll

–       Melakukan diskusi dan bertukar pikiran (brainstorming) dengan anggota KIR tentang program ini,

–       Melakukan pemilihan peran (casting) dan melibatkan 16 anggota KIR yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Maret 2012 mulai pukul 08.30 s.d 10.00 di kelas 7A.  Hasil casting menjadi pertimbangan untuk memilih empat pemeran utama pada film ini.

–       Penyusunan naskah skenario yang bisa menggambarkan kondisi, keunggulan dan ciri khas dari SMP Negeri 2 Pulosari. Naskah yang disusun sebanyak 34 adegan (scene).

–       Penyusunan pembagian tugas (job description) masing-masing anggota KIR dalam program ini, termasuk menghubungi pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan film ini.

–       Latihan pengambilan gambar yang dilaksanakan empat kali, yakni pertama pada Selasa, 29 Mei 2012; kedua pada Jum’at, 1 Juni 2012; ketiga pada Sabtu, 2 Juni 2012 dan keempat pada Senin, 4 Juni 2012. Melalui tiga kali latihan ini, anggota KIR telah memiliki gambaran dan pengalaman untuk melaksanakan proses produksi (shooting) dengan lebih baik.

  1. 2.      PRODUKSI (SHOOTING)

Proses produksi berlangsung tiga kali dari dua kali yang semula direncanakan.

–       Hari Pertama (Kamis, 31 Mei 2012)

Adegan yang diambil adalah scene 29 yang memanfaatkan momen perpisahan siswa SMP N 2 Pulosari tahun ajaran 2011/2013.

–       Hari Kedua (Selasa, 5 Juni 2012)

Adegan yang diambil adalah scene 1 yang berlokasi di rumah mbah Wahud di belakang sekolah. Sebenarnya selain scene 1 juga dilakukan pengambilan gambar untuk scene 2 s.d 28, namun hasil yang didapat tidak memuaskan karena kesalahan pada setting kamera.

–       Hari Ketiga (Rabu, 6 Juni 2012)

Adegan yang diambil sebanyak 32 scene, selain scene 1 dan 29. Proses pengambilan bisa berlangsung lancar dan relatif cepat karena pada dasarnya hanya mengulang adegan yang pernah dilakukan pada sehari sebelumnya. Lokasi shooting meliputi halaman belakang sekolah, kebun cengkeh, kelas 7B dan sekitar lingkungan sekolah.

  1. 3.      PERBAIKAN (EDITING)

Proses editing memakan waktu yang relatif lama karena melibatkan banyak aplikasi komputer yang dituntut untuk detail. Berdasarkan hasil editing, maka dari 34 adegan utama berhasil dikembangkan menjadi 163 adegan dengan memperhatikan sudut pengambilan gambar (video). Aplikasi software yang digunakan adalah Boilsoft Video Joiner and Splitter yang berfungsi untuk menggabungkan dan memotong file video hasil shooting. Sedangkan untuk proses finishing menggunakan apikasi software Ulead Video Studio 8. Musik pengiring yang digunakan adalah lagu “Cintaku di atas Kertas”, yang dipopulerkan oleh “Siti Nurhaliza” dan lagu “Ya Sudahlah”, yang dipopulerkan oleh “Bondan and Feed2Black”. Hingga laporan ini disusun, proses editing masih belum selesai sehingga jumlah durasi film pendek hanya bisa diinformasikan sekitar 30 menit.

  1. 4.      PUBLIKASI/ DISTRIBUSI

Program publikasi dan distribusi akan diusulkan melalui sebuah proposal tersendiri karena direncakan dalam bentuk event khusus. Secara umum distribusi akan dilakukan melalui :

–       Kompetisi Film Pendek tingkat pelajar,

–       Dinas pendidikan pemuda dan olah raga,

–       Sekolah-sekolah tingkat SMP/MTs dan SD/MI,

–       Festival-festival film, baik nasional maupun internasional,

–       Media kajian bagi berbagai kalangan,

–       Media sosial online seperti facebook, twitter,  vfbcyoutube, dll

SINOPSIS

Nur Hikmah, seorang siswa dari SMP Negeri 2 Pulosari-Pemalang, sebuah sekolah yang berada di pinggiran kota Pemalang dan tepat berada di 7 km di bawah kaki Gunung Slamet, yang harus berjuang antara kemiskinan, prestasi belajar, dan tuduhan menyontek saat ulangan.

Setiap hari Nur harus berjuang keras untuk bisa sampai ke sekolah tepat waktu. Namun karena lokasi yang jauh, Nur sering terlambat ke sekolah. Rute yang jauh dan jalan rahasia untuk masuk ke lokasi sekolahnya sudah menjadi bagian keseharian Nur apabila terlambat mendapatkan tumpangan mobil pick up yang biasa digunakan sebagai angkutan para siswa.

Bu Didin, guru matematika, sangat terkejut dan hampir tak percaya saat menemukan sebuah kertas sobekan yang berisi contekan tergeletak di dekat kaki Nur saat ulangan. Dengan terpaksa bu Didin memberikan hukuman pada Nur karena bukti-bukti menyontek itu.

Mabruroh, Diana dan Uswatun adalah kawan dekat Nur. Mereka setia mendampingi Nur saat Nur dipanggil menghadap Bu Didin karena insiden contekan tersebut.

Nur yang juara kelas harus merelakan diri melepaskan prestasinya dan sekolahnya untuk merantau dan bekerja karena desakan kemiskinan. Mabruroh, Diana dan Uswatun sangat terpukul dengan keadaan Nur saat Nur memutuskan untuk putus sekolah demi bisa mencari uang di kota dan membantu biaya sekolah adik-adiknya.

LOKASI

Lokasi pengambilan gambar dilakukan di halaman dan kelas 8B di SMP N 2 Pulosari, Pemalang dan beberapa wilayah di sekitarnya.

  1. PESAN

Pesan yang ingin di sampaikan dalam film pendek ini adalah :

–          Perjuangan anak-anak pinggiran dalam bersekolah,

–          Budaya menyontek yang sangat ditentang di SMP N 2 Pulosari,

–          Publikasi budaya bersih kelas (sepatu di luar kelas), apel pagi guru dan siswa, berbaris rapi saat hendak masuk ruang kelas, dan berdoa bersama sebelum memulai aktivitas belajar di SMP N 2 Pulosari,

EVALUASI DAN MASUKAN

Sebagai bahan pertimbangan untuk kegiatan sejenis di masa mendatang, maka berikut ini berapa masukan yang didapatkan setelah melakukan evaluasi selama pelaksanaan program :

–          Menyiapkan pemain yang sesuai dengan karakternya sehingga tidak memerlukan penyesuaian lebih lama, apalagi untuk pemain amatir dan baru,

–          Menyiapkan naskah skenario lebih awal untuk bisa dipelajari oleh seluruh tim produksi,

–          Melakukan sesi latihan lebih sering dan diusahakan langsung pada tiap adegan yang terdapat pada skenario film,

–          Menyiapkan jadwal yang detail saat proses pengambilan gambar terkait dengan adegan-adegan (scene) yang diambil agar tidak ada adegan yang kurang atau berulang,

–          Untuk scene yang melibatkan banyak pihak agar mengkondisikan lebih awal termasuk kode aba-aba dan kemungkinan pengulangan adegan,

–          Breefing tentang pengenalan dan latihan sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing tim produksi,

–          Menyiapkan setidaknya satu hari untuk menjaga kemungkinan scene yang perlu diulang sebelum akhirnya di edit,

–          Perlu dilakukan survei lapangan dan pengecekan peralatan selama proses persiapan dan tidak mendadak saat proses shooting.

ANGGARAN

Lampiran 1

TIM PRODUKSI

Lampiran 2

JOB DESCRIPTION

Lampiran 3

PENUTUP

Demikian laporan ini disusun untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pulosari, 16 Juni 2012

Hormat kami,

Ass. Sutradara                          :  Monika

Ass. Produser                           :  Diana Mustika Sari

Pembina 1 (Sutradara)          :  Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I

Pembina 2 (Produser)           :  Didin Muamalah, S.Pd

Mengetahui Kepala SMP N 2 Pulosari       :  T o y i b, S.Pd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s