Proposal Lounching Film Pendek

PROPOSAL
LOUNCHING FILM PENDEK
“ASA DI BAWAH KAKI SLAMET”
KIR SMP NEGERI 2 PULOSARI

MUKADIMAH

Film pendek sebagai salah satu bentuk karya seni sinematografi diproduksi dengan membawa maksud dan pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada penontonnya. Namun karena tidak memiliki ruang umum untuk memutarnya, sebagaimana film-film panjang yang biasa diputar di bioskop, maka pemutaran film pendek biasanya dilakukan secara mandiri melalui event-event khusus.
KIR SMP Negeri 2 Pulosari telah memproduksi sebuah film pendek berjudul “Asa di Bawah Kaki Slamet” yang sengaja dibuat dengan pesan-pesan moral. Diantaranya adalah pesan bahwa tindakan mencontek itu bukanlah terpuji dan merugikan bagi diri dan orang lain. Selain itu juga menggambarkan perjuangan anak-anak daerah pinggiran dalam menuntut ilmu dan betapa kemiskinan bisa menjadi penghalang untuk mewujudkan cita-cita.

Setelah melalui serangkaian panjang proses produksi, maka tinggal tahapan akhir yang musti dilalui, yakni penayangan perdana (lounching) dan distribusi. Lounching direncanakan akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) SMP N 2 Pulosari Tahun Ajaran 2012/2013 yang dilanjutkan dengan mendistribusikannya ke beberapa pihak yang dianggap perlu untuk menyaksikan film pendek ini.

Agar kegiatan lounching bisa berjalan lebih meriah, maka perlu melibatkan banyak pihak, diantaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kab. Pemalang, masyarakat sekitar Pulosari, pihak sponsor dan tentu saja seluruh civitas akademika SMP N 2 Pulosari.

KIR SMP N 2 Pulosari mengundang berbagai pihak yang peduli terhadap pengembangan dunia pendidikan dan siapapun yang berminat untuk menjadi sponsor pada kegiatan lounching ini.

TUJUAN

Tujuan diadakannya kegiatan lounching film pendek ini adalah :
– Menjadi ajang apresiasi atas hasil karya film buah karya dari siswa-siswi KIR SMP N 2 Pulosari,
– Memacu dan memotivasi serta memberikan inspirasi bagi seluruh siswa SMP N 2 Pulosari untuk bisa menghasilkan karya-karya sejenis,
– Berbagi pengalaman tentang proses pembuatan film pendek,
– Media publikasi langsung kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam produksi film pendek ini.

RESENSI FILM

Film pendek ““Asa di Bawah Kaki Slamet” adalah film pendek hasil karya 16 anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 2 Pulosari, Pemalang dan menjadi program unggulan pada awal tahun 2012 ini. Film ini berdurasi 32 menit dengan melibatkan hampir seluruh siswa, guru dan karyawan SMP N 2 Pulosari. Setting diambil di beberapa lokasi, diantaranya kelas, halaman sekolah, kebun cengkeh di belakang sekolah, dan beberapa lokasi lainnya.

PESAN

Pesan yang ingin di sampaikan dalam film pendek ini adalah :
– Perjuangan anak-anak pinggiran dalam bersekolah,
– Budaya menyontek yang sangat ditentang di SMP N 2 Pulosari,
– Publikasi budaya bersih kelas (sepatu di luar kelas), apel pagi guru dan siswa, berbaris rapi saat hendak masuk ruang kelas, dan berdoa bersama sebelum memulai aktivitas belajar di SMP N 2 Pulosari,

DISTRIBUSI

Selain melalui kegiatan lounching, film pendek ini rencananya akan didistribusikan ke beberapa pihak yang dianggap tepat, diantaranya adalah :
– Kompetisi Film Pendek tingkat pelajar tingkat SMP/MTs,
– Sekolah-sekolah di seluruh kabupaten Pemalang,
– Festival-festival film, baik nasional maupun internasional,
– Media sosial online seperti facebook, twitter, youtube, dll

WAKTU KEGIATAN

Kegiatan lonching yang rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) Baru untuk tahun ajaran 2012/2013 yaitu :
Hari, Tanggal : Rabu, 18 Juli 2012
Waktu : 08.00 s.d 10.00
Tempat : Ruang Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Pulosari

PANITIA PELAKSANA

Panitia pelaksana adalah juga tim produksi film, yaitu :
Penanggungjawab : Kepala SMP N 2 Pulosari_Toyib, S.Pd
Pembina : Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I dan Didin Muamalah, S.Pd
Ketua : Monika (8A) dan Siska Ade T. (8B)
Sekertaris : Meta Frilinda (8B) dan Afit Nur Fadilah (8C)
Bendahara : Dewi Kurniasih (8D) dan Ernawati (8D)
Acara : Lulu Ma’rifatun (8B) dan Vera Cahyanti (8B)
Akomodasi : Irnaeni (8C) dan Adis Trianingsih (8A)
Publikasi : Diana Mustika (8D) dan Uswatun Khasanah (8B)
Konsumsi : Mabruroh (8C) dan Wati Agustina (8D)
Dekorasi : Nur Hikmah (8C) dan Pina Idamatul (8G)

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan dilaksanakan sebanyak tiga kali agar seluruh siswa, guru dan undangan dapat menyaksikannya secara leluasa dan tertib. Pembagian berdasarkan penonton, yakni sesi 1 berasal dari siswa kelas 7 (siswa baru) yang berjumlah sekitar 280 orang; sesi 2 berasal dari siswa kelas 8 yang berjumlah 278 orang dan sesi 3 berasal dari kelas 9 yang berjumlah 270 orang, sehingga jumlah total dari kelompok siswa adalah sekitar 828 orang. Sedangkan untuk guru dan karyawan, yang berjumlah 40 orang, serta undangan, yang berjumlah 20 orang, akan dibagi atau menyesuaikan diri pada masing-masing sesi.

SINOPSIS FILM

Nur Hikmah, seorang siswa dari SMP Negeri 2 Pulosari-Pemalang, sebuah sekolah yang berada di pinggiran kota Pemalang dan tepat berada di 7 km di bawah kaki Gunung Slamet, yang harus berjuang antara kemiskinan, prestasi belajar, dan tuduhan menyontek saat ulangan.

Setiap hari Nur harus berjuang keras untuk bisa sampai ke sekolah tepat waktu. Namun karena lokasi yang jauh, Nur sering terlambat ke sekolah. Rute yang jauh dan jalan rahasia untuk masuk ke lokasi sekolahnya sudah menjadi bagian keseharian Nur apabila terlambat mendapatkan tumpangan mobil pick up yang biasa digunakan sebagai angkutan para siswa.

Bu Didin, guru matematika, sangat terkejut dan hampir tak percaya saat menemukan sebuah kertas sobekan yang berisi contekan tergeletak di dekat kaki Nur saat ulangan. Dengan terpaksa bu Didin memberikan hukuman pada Nur karena bukti-bukti menyontek itu.
Mabruroh, Diana dan Uswatun adalah kawan dekat Nur. Mereka setia mendampingi Nur saat Nur dipanggil menghadap Bu Didin karena insiden contekan tersebut.

Nur yang juara kelas harus merelakan diri melepaskan prestasinya dan sekolahnya untuk merantau dan bekerja karena desakan kemiskinan. Mabruroh, Diana dan Uswatun sangat terpukul dengan keadaan Nur saat Nur memutuskan untuk putus sekolah demi bisa mencari uang di kota dan membantu biaya sekolah adik-adiknya.

SPONSORSHIP

Tim produksi film KIR SMP N 2 Pulosari mengundang dan berharap banyak pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan lonching ini yang sekaligus menjadi sponsor dalam proses produksi film pendek ini.

Bentuk sponsorship yang ditawarkan adalah pengadaan berbagai perlengkapan dan peralatan yang diperlukan selama kegiatan atau dalam bentuk bantuan pembiayaan.

Timbal balik yang ditawarkan panitia adalah pemasangan logo sponsor di media spanduk, brosur dan background panggung. Untuk para sponsor yang memberikan kontribusi dengan nilai tertentu akan dicantumkan logonya sebagai sponsor film yang akan ditampilkan di akhir penayangan.

Adapun beberapa perlengkapan dan peralatan yang ditawarkan kepada sponsor untuk penyediaannya adalah :
– Kaos KIR SMP N 2 Pulosari sebanyak 25 buah,
– Spanduk kegiatan sebanyak 2 buah,
– Keping CD dan pembungkus sebanyak 100 buah,
– Konsumsi guru, karyawan dan undangan sebanyak 100 bungkus,
– Door prize dan hadiah dll

ESTIMASI ANGGARAN

Berikut ini estimasi kebutuhan biaya yang diperlukan, yaitu :
1. Proposal dan surat menyurat 25 paket @ Rp. 5.000,- Rp. 125.000,-
2. Kaos KIR SMP N 2 Pulosari 25 unit@ Rp. 50.000,- Rp. 1.250.000,-
3. Spanduk 2 unit @ Rp. 25.000,- Rp. 50.000,-
4. Brosur dan pamflet 1 paket @ Rp. 50.000,- Rp. 50.000,

5. Keping CD dan wadah 100 paket @ Rp. 5.000,- Rp. 500.000,-
6. Konsumsi 100 unit @ Rp. 5.000,- Rp. 500.000,-
7. Dekorasi 1 paket @ Rp. 75.000,- Rp. 75.000,-
8. Akomodasi 1 paket @ Rp. 100.000 Rp. 100.000,- +
Jumlah total Rp. 2.650.000,-

FOTO DOKUMENTASI

Tim Produksi Film Pendek KIR SMP N 2 Pulosari. Atas (kanan ke kiri) : Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I; Nur Hikmah; Diana Mustika S.; Wati Agustina; Ernawati; Irnaeni; Vera Cahyanti; Lulu Ma’rifatun; Uswatun Khasanah; Monika; Didin Muamalah. Bawah (kanan ke kiri) : Miftahul Ulfa; Adis Trianingsih; Dewi Kurniasih; Afit Nur F.; Siska Ade T.; Meta Frilinda; Mabruroh.

 

 

Salah Satu Proses Pengambilan Gambar. Shooting scene 26 di halaman belakang kelas 8C saat jam istirahat. Kamera : Siska. Pemain : Diana, Uswatun, Mabruroh, Nur Hikmah. Mikrophone : Afit Nur F. Piguran : Insa Afsia dan Lutfika.

 

 

 

SEKERTARIAT

Kelompok Karya Ilmiah (KIR) SMP Negeri 2 Pulosari
Jl. Raya Karangsari, Pulosari, Pemalang
HP. Febri (08157978115), Didin (087830554598), Siska (087764496214)

PENUTUP

Demikian proposal ini disusun dengan harapan mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

Pulosari, 16 Juni 2012
Hormat kami,
Ketua : Monika, Sekertaris : Meta Frilinda
Mengetahui
Kepala Sekolah : Toyib, S.Pd, Pembina : Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s