Futsal = Obat Anti Galau ala Espero

Anak-anak Espero (SMP N 2 Pulosari) lagi pada GALAU gara-gara UTS (Ulangan Tengah Semester) Genap untuk kelas 7 & 8 serta Ujian Sekolah untuk kelas 9. Waktu memang semakin dekat dengan Ujian Nasional (UN), tapi kalo otak anak-anak dipaksa belajar lagi, pastilah nanti kacau semua. Trus buat anak-anak kelas 7 & 8, ternyata mereka juga sudah haus hiburan plus tantangan. So,keputusan sudah ditentukan, Espero mengadakan Futsal antar kelas.

Pertama dan yang utama dilakukan adalah menyulap lapangan basket menjadi lapangan futsal. Tak perlu repot, cukup buat gawang di dua sisi. Saat anak-anak sedang sibuk bergulat dengan soal-soal UTS dan US, para guru+TU saling bahu membahu higga keringatnya mengucur deras demi mewujudkan gawang impian. Gawangnya sederhana. Tak dibuat dari tali mahal apalagi kulit rusa. Alasannya, juga sederhana. Selain karena biaya dari iuran guru, juga yang penting bisa buat nahan bola plastik. Lagipula, mau mahal-mahal duit darimana? BOS, waduh nanti sulit SPJ-nya 🙂

Peserta? semua siswa dilibatkan. Ada 19 regu putra dan 19 regu putri. Rinciannya tiap kelas mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri. Kelas 7, 8 dan 9 masing-masing jumlah kelasnya 7, 7 dan 5. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari sejak tgl 2 s.d 5 April 2012. Setelah apel pagi jam 07.00 langsung semua penghuni Espero berhamburan ke lapangan demi melihat jagoannya berkelit lincah men-dribel bola.

Teriakan dan kicauan penyemangat para supporter masing-masing kelas yang sedang bertanding saling bersahutan. Biasalah, anak-anak usia SMP kalo bola sudah dekat gawang, bawaannya teriat terus. Padahal bola cuma mampir bentar. Apalagi kalo pemainnya regu putri. Pasti dan yakinlah, suasana lebih mirip pasar. Supporter dan pemain sama-sama suka teriak.

Asyiknya menonton regu putri adalah mmm… lebih mirip nonton bebek lagi main bola. Kemana bola melaju kesitulah seluruh pemain berlari, kecuali panjaga gawang tentunya. Kalo kaki pemain kena bola, terkadang bukannya ditendang, eh malah teriak panik. Tapi, lumayanlah. Menghibur dan Galau lewatlah sudah.

Asyiknya menonton regu putra adalah…. tegang! Ya, tegang! Mereka tampil sanggat agresif dengan konsep menyerang dan menekan. Tapi pola permainannya tetap cantik. Tak ada upaya saling jegal apalagi adu mulut. Semua tetap terkendali meski terkadang saling telikung masing mewarnai. Ah… mungkin itu salah satu seni main futsal. Toh semua berakhir baik-baik saja. Si menang bola bangga, si kalah tak ada masalah.

Asyiknya menonton supporter adalah seru. Meski yang sedang bermain bukanlah regu kelas mereka, tetapi dukungan dan semangat terus ditunjukkan. Ya, itulah mungkin wujud toleransi ala anak-anak.

Asyiknya menonton Futsal yang hanya ada di Espero adalah pertandingan hiburan antara regu guru putra vs regu putra TU. Biar tampak lain dari yang lain, para bapak guru + TU menggunakan seragam klub plus sepatu khusus futsal. Nah, kalau sudah begitu, pak guru OR mesti ikut ambil bagian. Tak ada lagi teori, yang ada tinggal praktek dan contoh.

Akhir pertandingan menghasilkan grup putra kelas 8C menang lewat adu finalty yang menegangkan. Kekompakan Faozi, Bayu, Nasrullah, Sofyanudin, dan Rozi dari 8C berhasil menjadikan mereka juara dari regu putra. Dan untuk regu putri berhasil dimenangkan oleh kelas 8D.

Akhir kata, Futsal telah berhasil memberikan semangat lagi bagi anak-anak setelah lelah beradu otak dengan soal-soal UTS dan US. Futsal juga berhasil mengasah kemampuan anak-anak dalam kompetisi pertandingan. Dan Futsal telah menjadikan kami, Guru, TU dan Siswa sebagai satu keluarga Espero yang tidak melulu bertemu dalam suasana kelas dan formal, tetai juga dalam suasana yang lebih santai nan penuh keakraban. Tak perlu sesuatu yang lain untuk tak lagi galau. So, apa yang harus kukatakan selanjutnya … WOW!!!

Salam Mecca

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s