Black List Jalur Undangan UNY

YOGYAKARTA – Sebanyak 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) masuk blacklist jalur undangan Universitas Negeri Yogyakarta. Tak hanya UNY, semua kampus negeri sudah memperoleh surat dari panitia pusat penerimaan mahasiswa baru, bahwa ada 10 sekolah yang masuk daftar hitam, karena melakukan tindakan tidak terpuji ketika mengirim rapor siswanya melalui jalur undangan.

Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab mengungkapkan hal itu di sela-sela penjelasan tentang Dies Natalis kampus, kemarin. Namun, dia tidak bersedia menyebutkan nama sekolah yang masuk daftar hitam.

Menurutnya, sudah ada sanksi moral dari kampus-kampus negeri bahwa sekolah yang curang tak bisa mengirim siswanya melalui jalur undangan.

”Ada 10 sekolah, termasuk dari Yogyakarta juga ada. Tak perlu saya sebutkan namanya, nanti dikira menjelek-jelekkan. Yang penting kami tahu sekolah tersebut tak bisa mengirimkan siswa melalui jalur undangan. Tapi, kalau mau masuk melalui seleksi biasa, SNMPTN masih tetap bisa,” tandas Rochmat.

Dia menjelaskan, minat lulusan SMA dan sederajat yang ingin masuk ke UNY meningkat cukup banyak. Pada jalur bidik misi tercatat ada 14.000 peminat dan hanya akan diambil sekitar 1.200 orang. Tahun lalu peminatnya 9.000-an. Peningkatan itu karena dari waktu ke waktu UNY menunjukkan kualitas terbaiknya.

Mengenai Dies Natalis enam windu UNY, Rochmat mengatakan, ada banyak kegiatan yang bakal berlangsung di kampus Karangmalang, Yogyakarta, maupun Wates, Kulonprogo. Berbagai seminar nasional dan internasional digelar selama April hingga akhir tahun. (D19-37)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com

Iklan

One comment on “Black List Jalur Undangan UNY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s