Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2012

Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.

Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Bidang yang dilombakan antara lain : Matematika, Biologi, Fisika dan IPS. Sedangkan yang menjadi sasaran kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini adalah semua siswa SMP termasuk SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, Negeri / Swasta.

Dengan adanya OSN ini hasil yang diharapkan adalah terpilihnya siswa-siswi terbaik yang menguasai bidang ilmu dasar (Matematika, Fisika, Biologi, dan IPS) pada jenjang SMP, sebagai embrio yang disiapkan menjadi peserta olimpiade di tingkat Internasional.

Adapun persyaratan peserta untuk mengikuti OSN ini adalah :

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Peserta adalah siswa SMP, kelas VII atau VIII pada saat mengikuti lomba baik di tingkat Sekolah, Kabapaten/Kota. Propinsi, maupun Nasional, dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah.
  3. Nilai Raport peserta lomba serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang yang akan diikuti dalam lomba.
  4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah.
  5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan keterangan Kepala Sekolah.
  6. Setiap siswa hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.

Direncanakan OSN XI tahun 2012 akan diadakan di Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 28 Juni – 4 Juli 2012 dengan tahapan sebagai berikut :

  • Tahap I     :  Bulan April – Lomba tingkat sekolah
  • Tahap II   :  Bulan Mei    – Lomba tingkat Kabupaten/Kota
  • Tahap III :  Bulan Juni   – Lomba tingkat Propinsi
  • Tahap IV  : Bulan Juli     – Lomba tingkat Nasional

Bentuk kegiatan yang berlangsung dalam tahap pelaksanaan tersebut adalah seleksi materi lomba berbentuk teori di tingkat kabupaten/kota dan propinsi serta seleksi berbentuk teori dan praktik di tingkat nasional. Siswa/siswi yang berhasil meraih juara dalam  kegiatan OSN ini, akan diberikan  hadiah dan penghargaan sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan  pendidikan lainnya di sekolah. Untuk pemenang di tingkat kabupaten/kota dan propinsi, diberikan oleh Pemda masing-masing, sedangkan untuk tingkat nasional diberikan hadiah dan penghargaan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Dari berbagai sumber)

Berikut ini link untuk mendownload Silabus dan Kisi-Kisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2012 untuk Bidang FISIKA, BIOLOGI, MATEMATIKA dan IPS dan PETUNJUK UMUM.

Iklan

One comment on “Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s