Al Qur’an

Al-Qur’an menurut bahasa berarti “bacaan”. Kita biasanya mendefinisikan Al-Qur’an sebagai “Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad s.a.w. dan membacanya adalah ibadah.

Dalam Al-Qur’an sendiri dijelaskan bahwa bukan hanya Nabi Muhammad s.a.w. yang menerima kalam Allah SWT, seperti kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s., kitab Injil kepada Nabi Isa a.s., namun karena kitab-kitab tersebut tidak bisa dikatakan Al-Qur’an karena bukan diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w. Selain itu juga dikarenakan membacanya bukan merupakan ibadah.

Nabi Muhammad s.a.w. lahir di kota Mekkah, Saudi Arabia, pada tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah atau 20 April 571 M. Putra dari ayah Abdullah bin Abdul Muththalib dari golongan Arab Bani Ismail. Ibunya bernama Aminah binti Wahab. Keduanya adalah keturunan Qushai, pahlawan suku Quraisy yang berhasil menggulingkan kekuasaan Khuza’ah atas kota Mekah. Nabi Muhammad s.a.w. meninggal pada 12 Rabi’ul awwal tahun 11 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 8 Juni tahun 632 Masehi pada usia 63 tahun.

Al-Qur’an turun kepada Nabi Muhammad s.a.w. pada saat beliau berusia 40 tahun Qomariyah atau 39 tahun Syamsiah yaitu pada malam 17 Ramadhan atau 6 Agustus 610 M. Melalui perantaraan Malaikat Jibril a.s. diturunkan pada saat beliau sedang bertahannuts di gua Hira. Wahyu pertama tersebut menjadi pertanda penobatan Muhammad sebagai Nabi. Kemudian secara berangsur-angsur, Al-Qur’an diturunkan melalui berbagai cara, selama 23 tahun.

Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, 60 hizb, 554 ruku’ atau 6.666 ayat. Proses pembukuaan Al-Qur’an sendiri berlangsung dalam tempo yang lama serta terjadi beberapa tahun sejak meninggalnya Nabi Muhammad s.a.w., yaitu pada saat pemerintahan khalifah Utsman bin Affan, tahun 24-36 H/ 644-656 M. Usman sendiri menjadi khalifah menggantikan Umar bin Khattab (13-24 H/ 634-644 M). Umar menjadi khalifah menggantikan Abu Bakar as-Sidiq (11-13 H/ 632-634 M). Sehingga kitab Al-Qur’an yang beredar di kalangan umat muslim sekarang disebut sebagai Mushhaf Utsman.

Bagi umat Islam, Al-Qur’an merupakan petunjuk segala zaman sebagai pegangan bagi mereka yang menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Selain itu di dalam Al-Qur’an terkandung ilmu-ilmu yang digolongkan menjadi empat:

a)    Ilmu Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an yang menjadi bahasa keseharian bangsa Arab. Dalam mempelajari bahasa Arab biasanya kita mengenal “Ilmu Nahwu dan Sharaf”, untuk dapat mengucapkan dan membaca dengan fasih, “Balaghah”, untuk menjelaskan keindahan dan keistimewaan susunan bahasa, dan “Ilmu bahasa”, untuk memperlajari pengertian kata-kata dalam bahasa Arab.

b)    Ilmu Syari’at

Dalam ilmu syari’at kita dapat mempelajari bagaimana menjelaskan pengertian kata-kata bahasa Arab yang terkadang menimbulkan perbedaan cara memahaminya. Selain itu juga mengenai masalah hukum untuk mengambil keputusan tentang masalah tata cara beribadah. Masalah kepercayaan atas tafsir-tafsir terhadap ayat-ayat tertentu juga merupakan salah satu pembahasan dalam ilmu syari’at.

c)    Sejarah

Al-Qur’an juga mencantumkan kisah-kisah kehidupan tokoh dan kejadian penting dalam perkembangan peradaban bangsa-bangsa di dunia yang terjadi di masa Nabi s.a.w dan masa sebelumnya.

d)    Al Hikmah dan Filsafat

Ilmu Mantiq, Ilmu Alam (Kimia, Kedokteran, Pharmasi, Hewan dan Pertanian), Ilmu Pasti (Berhitung, Aljabar, Ilmu Ukur, Mekanika, Falak dan Geografi) dan Ilmu Ke-Tuhan-an merupakan pembagian dalam ilmu Al Hikmah dan Filsafat.

Dengan banyaknya ilmu yang terkandung di dalam Al-Qur’an menumbuhkan banyak peradaban dan kebudayaan serta tokoh-tokoh pemikir muslim yang menemukan berbagai metode dan alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun juga melahirkan perbedaan pendapat di kalangan umat muslim dalam memahami dan menterjemahkan sesuatu sesuai dengan kemampuan akal dan perkembangan jaman. Perbedaan itu terkadang berlangsung secara damai, namun sempat menimbulkan perselisihan yang berujung pada kontak pemikiran dan fisik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s