Membuat Weblog dengan WordPress

Semarang, 5 s.d 6 Desember 2011

Sebanyak 44 guru yang berasal dari kabupaten Rembang, Pati, Pemalang, Kebumen dan kota Pekalongan, Tegal dan Magelang, mengikuti kegiatan Training of Trainers (ToT) Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) IPA SMP In Service 2 di yang diadakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, jl. Kyai Mojo, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang, pada 5 s.d 9 Desember 2011.

ToT ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional guru pemandu dalam proses pembelajaran dan melaksanakan program-program pemberdayaan MGMP SMP. Jumlah JPL yang diterapkan sebanyak 50 jam @ 45 menit. Diantara materi yang dipelajari adalah membuat weblog dengan WordPress (ICT).

Menu  hari pertama ToT adalah membuat weblog dari WordPress. Materi kali ini menarik karena hampir merupakan materi baru bagi sebagian besar peserta. Bagi peserta yang sudah pernah maupun mahir dalam nge-blog juga menjadi tantangan baru untuk menghasilkan tampilan blog yang lebih dinamis, menarik dan aktual. Materi disampaikan oleh Priyo Aris Abimanyu, S.Kom yang juga sebagai operator blog dan website yang dimiliki oleh LPMP Jateng.

Sesi awal dimulai dengan berbagai penjelasan tentang sejarah dan bagaimana weblog (blog) mulai diciptakan, dikenal hingga semakin berkembang seperti saat ini. Apa yang menjadi perhatian utama dalam menulis di blog adalah memastikan bahwa semua artikel yang dimunculkan dalam blog harus senantiasa aktual serta tidak menimbulkan konflik sara. Apabila blogger (penulis blog) mengambil data/artikel dari web lain, maka dipastikan harus mencantumkan sumber datanya. Hal ini untuk menjaga etika serta keamanan sehingga semua tulisan bisa dipertanggungjawabkan.

Blog yang dipilih kali ini adalah dari wordpress dengan beberapa pertimbangan, diantaranya lebih dinamis dan relatif lebih lengkap fitur-fiturnya dibandingan dengan website penyedia layanan blog lain.

Kesulitan yang banyak dialami oleh peserta, yang sebagian besar adalah pemula, adalah saat proses pendaftaran account-nya. Beberapa diantara peserta lebih direpotkan dengan membuat alamat email yang juga masih harus perlu pendampingan. Bandwich yang juga terbatas karena harus diperebutkan oleh sekitar 44 laptop tentu menjadi masalah yang lain pula. Namun dari semua kesulitan tersebut tidak menyurutkan niat dan semangat peserta untuk memiliki blog.

Sesi berlangsung sangat atraktif dan komunikatif. Pada akhir sesi beberapa peserta sudah mampu memodifikasi blognya dengan merubah tampilan layout, menambah wedget, merubah background serta menulis artikel lengkap dengan gambar dan videonya. Materi ini sangat bermanfaat dan bisa memperluas jaringan antar peserta serta memberikan peluang aktifitas baru yang lebih bermanfaat. Juga memiliki peluang untuk kegiatan ekonomi tentunya.

Sesi dimulai jam 14.00 dan berkhir pada jam 21.00 malam. Untuk memenuhi kebutuhan jam, maka pada Selasa, 6 Desember 2011 sesi ICT ini dilanjutkan mulai pukul 07.00 – 09.00. Sesi dilanjutkan dengan materi lain, yakni pendalaman materi Biologi tentang Hereditas (Persilangan) genetik. Semoga materi bisa bermanfaat dan didalami masing-masing peserta di tempat tugas masing-masing serta diteruskan kepada rekan-rekan guru lain. Guru juga perlu kemampuan teknologi yang memadai bukan? Ayo maju guru

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s