Cara Download Video Youtube lewat Keepvid.com

Beberapa teman masih sering bertanya tentang bagaimana download video lewat situs youtube.com. Memang mengundung video gampang-gampang susah. Penyebabnya juga bermacam-macam. Nah, sebelum kita membahas tentang cara download video youtube, mending kita cek and ricek dulu. Pertama dan yang paling utama mungkin, pastikan koneksi internet anda mendukung. Maksudnya sinyalnya ndak putus nyambung dan kecepatannya koneksinya memungkinkan.

Dulu pas saya masih pake modem smartfren, mau download satu buah video yang kecil aja, waduh setengah mati lah menunggu dan bersabar. Baru jalan berapa detik videonya, muncul buffernya (yang muter-muter di tengah video trus ilang kalau video jalan lagi). Dikit-dikitt buffer lagi, buffer lagi. Untung Tuhan memberikan kesabaran sedikit untukku. Jadi kalo kecepatan koneksi internet anda lambat dan anda tipe jiwa-jiwa yang kurang sabar, saran saya don’t do it. Mending ke warnet saja bentar. Atau menunggu internet di Indonesia jadi cepat dan entah kapan itu terjadi.

Masalah sinyal yang putus nyambung, kita juga harus waspada. Biasanya terjadi pada internet via hotspot, modem atau yang jenis nirkabel lain. Maklum, untuk jenis nirkabel (tanpa kabel) cuaca, jarak dan kemmapuan wearless sangat menentukan. Ini pengalaman pribadi lagi, sekadar download satu video, karena menyadari jaringan yang lemot, aku sambi bobo (duh imut banget ya…) semalaman. Dan paginya, jrengg…. mimpi semalam ternyata lebih indah. Gagal, gagal dan gagal. Mungkinn kejadiannya, udah mau penuh proses downloadnya, eh… sinyal ilang. Pas nyambung, mulai lagi dari awal, trus sinyal ilang, putus lagi. Dan lagi dan lagi sampai pagi.

Ok. Lanjut bro. Untuk persiapan software tentu saja flash player untuk memutar file video di tampilan youtube. Untuk memutar hasil download juga perlu diinstal dulu playernya. Bisa pake GOM, K-Lite Codec, FLV atau aplikasi lain. Tapi biasanya yang tiga ini sudah cukup. Kalau belum punya, monggo download dulu aplikasinya disini (GOM ; K-Lite Codec ; FLV).

Selanjutnya proses downloadnya. Ada beberapa sofware yang biasa digunakan. Ini ada tiga cara yang biasa saya gunakan. Mana yang tercepat? Semua lebih tergantung pada dua hal yang tadi di atas. Semua aplikasi yang digunakan rata-rata yang hampir sama lah.

1. http://www.keepvid.com

Pertama buka dulu www.keepvid.com. Nanti akan terlihat tampilan kira-kira seperti di bawah ini.

Selanjutnya, masuk halamann youtube.com, puter video pilihamu lalu copy alamat URL nya. Lihat tanda panah merah.

Ndak usah diketik. Copy saja lalu buka tampilan keepvid.com dan paste di kolom yang dikasih tanda panah merah. Trus klik DOWNLOAD di samping kanannya. Nantti kira-kira hasilnya seperti contoh di bawah ini.

Kalau sudah pilih salah satu format video yang disukai dan tergantung player yang digunakan. Biasanya format (dibelakang nama video) yang disediakan ada FLV, MP4, WebM, dan 3GP dan tambahan MP3 (hanya file audio saja). Semuanya bisa diputer pake GOM, FLV, dan K-LIte COdec.

Terkadang tampilan pilihan file tidak dimunculkan, tapi server malah minta diinstal JAVA. Kalo begitu kejadiannya, berarti komputer anda belum ada aplikasi java-nya. Ya, skalian saja download JAVA dulu, trus instal. Cukup sekali untuk pemakaian seterusnya. Kalau mau cepet, monggo download saja di sini JAVA. Kalau sudah silahkan langsung diinstal dan jangan lupa internet dalam kondisi connect.

Nah, mudah to. Silahkan berpuas-puas mendownload video youtube. Tapi ingat, video yang baik-baik saja ya. Biar berkah.

Sebagai tambahan sebenarnya banyak sekali software yang bisa digunakan untuk download video-video youtube. Semua memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini aplikasi yang bisa digunakan untuk download. Silahkan download lewat link di bawah ini. Proses penggunaannya hampir sama. Intinya COPAS alamat URL dari youtube.com ke aplikasi yang digunakan.

1. Internet Download Manager (IDM),

2. I Livid Download Manager

3. Youtube Downloader,

4. Solid Youtube Downloader and conventer

41 comments on “Cara Download Video Youtube lewat Keepvid.com

  1. hmmmm…
    cara diatas sudah dicoba.. tp pada saat saya klik untuk salah satu format video yang akan saya donlod, malah keluar videoplayback y?
    kok malah ga bisa di donlod?
    apa ada yang salah?
    Padahal saya uda donlod aplikasi Java nya jg…

  2. pada saat pemilihan format video, saya pilih yang file belakangnya mp4 agar vidio dan suaranya ada ? bener tidak ? tetapi pada saat layar muncul kan ada perintah open with dan save file….jika kita ambil downloadnya open with, kolom di kanannya itu file nya apa yg di pilih, krn di saya filenya winamp jd ga ada gambarnya ? tks

  3. mas/ mba tata.. kalau format yang dipilih mp4, biasanya pake GOM Player, media player classik atau windows media player juga bisa. Kalau belum ada instal dulu playernya. Memang belakangan ini download pake format flv lagi banyak problem. kalau pilih mp4 biasanya lancar-lancar saja. tq

    • iya. download dulu, trus langsung instal saja. baru mulai download video youtube. Ini hanya sekali saja, untuk seterusnya asal menggunakan komputer yang sama, maka download youtube bisa langsung pake keepvid. oke

  4. Tdi ane download video youtube pke keepvid gak ada format mp3/3gp/mp4….
    Berhasil tpi, filenya berupa I livid dengan format .exe , jdi videonya ga bsa di ptar, Itu brti blum ad java-nya ya gan…jdi prlu instl ..
    Mksih ats infonya gan…

  5. i livid itu program download juga. biasanya kalo pake keepvid gagal, i livid menyediakan alternatif. kalao mau pake i livid instal dulu java-nya. biasanya kalo komputer belum terinstal java, ada tawaran untul download java dulu. kalao usah instal java belum bisa juga, mungkin keepvidnya lagi bermasalah. kadang-kadang juga begitu. terus berusaha bung. ya sama-sama.

  6. gara-gara IDM saya ke delete, nyoba pake keepvid berdasar petunjuk mas. eh, lancxar jayaa, hehe. makasih infonya mas. :). semoga banyak pahala ya mas.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s